Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense 2018

Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense 2018
Halo sahabat TIK, apa kabar anda? Semoga dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat.

Pada artikel ini duniaTIK.com akan berbagi tips dan trik bagaimana Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense 2018.

Perlu anda ketahui bahwa Google Adsense akan mengirim otomatis selembar surat jika pendapatan/earning di akun google adsense tersebut telah mencapai $10 atau jika dalam rupiah cukup anda hitung dengan rumus: 10 x kurs dollar amerika.

Nah, surat tersebut pasti dicetak dan dikirim otomatis jika ambang batas pengiriman tersebut diatas sudah dilewati. Namun hingga saat ini masih banyak yang bertanya bahkan kebingungan kenapa surat tersebut tidak kunjung tiba, terutama untuk blogger pemula.

Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense 2018 :

  1. Jika akun google adsense anda telah disetujui dan aktif, sebaiknya segera melakukan perbaikan data pada Profil Pembayaran sebelum pendapatan/earning tercapai. Langkah ini melalui menu Pembayaran - Kelola Setelan
    Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense 2018
  2. Isilah nama lengkap anda sesuai dengan identitas yang berlaku. Hal ini berlaku bagi akun adsense tahun 2018, jadi jangan pernah menulis nama dengan sembarang atau asal. Apalagi dengan nama-nama binatang.
  3. Isi alamat lengkap di baris 1 seperti nama jalan, rt rw, hingga kecamatan.
  4. Jika anda masih merasa kurang lengkap pada alamat di baris 1, anda mempunyai kesempatan menambahkan alamat pelengkap di baris 2. Misal: nama kantor, nama tempat usaha, nama kampung, nama komplek perumahan dan sebagainya. Jika perlu tambahkan garis miring dan cantumkan nomor telpon seluler anda. Tujuannya adalah jika kurir Pos Indonesia kesulitan menemukan alamat tujuan maka setidaknya bisa menghubungi si penerima minimal melalui pesan singkat.
  5. Isi nama kota anda berdomisili
  6. Pilih Provinsi tempat anda tinggal
  7. Isi kode pos yang sesuai dan pastikan tidak berwarna merah
  8. Klik Simpan
Jika langkah tersebut diatas sudah anda lakukan maka selanjutnya adalah menunggu batas pendapatan/earning tercapai hingga tampil notifikasi bahwa surat pin google adsense telah dikirim (lihat gambar berikut ini).
Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense Yang Benar

Proses pengiriman surat pin google adsense membutuhkan waktu yang bervariasi antara 2 minggu hingga 1 bulan (pengalaman duniaTIK.com mendapatkan surat pin google adsense tersebut adalah 1 bulan. Dikirim tanggal 11 Juni 2018 dan diterima tanggal 11 Juli 2018) jadi anda harus bersabar karena surat tersebut dikirim dari luar negeri.


Pengiriman surat pin google adsense pasti melalui PT. Pos Indonesia dan tidak bisa dilacak/tracking. Dan jika lebih dari 1 bulan surat tersebut tidak kunjung anda terima maka sebaiknya anda bisa menanyakan langsung ke Kantor Pos setempat melalui Customer Service.

Bagaimana jika surat tersebut benar-benar tidak ada? Jangan khawatir, anda masih punya kesempatan untuk meminta surat tersebut dengan alamat yang sama. Dan jika anda ragu dengan alamat awal anda bisa mengganti alamat dengan yang baru.

Demikianlah artikel Cara Mendapatkan Surat PIN Google Adsense 2018 semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau saran mengenai tulisan ini silahkan anda kirim komentar pada bagian akhir halaman ini. Salam TIK.